Wednesday, April 10, 2013

Indahnya Pulau Pandang


Dani Gunawan pernah menulis dalam blog-nya sebagai berikut : 

Kenalkah anda dengan pulau Pandang? Belum tentu iya. Tidak banyak informasi mengenai pulau Pandang, bahkan bagi warga Sumut sendiri kebanyakan tidak mengetahui keberadaan pulau Pandang yang ternyata terletak di kabupaten Batubara. Pulau eksotis nan cantik ini bak permata mentah yang belum diasah. Keindahannya akan terus tersembunyi selama dinas pariwisata pemkab Batubara tidak berusaha mengasah potensi wisata pulau ini.
Pulau Pandang ga terlalu jauh dari bibir pantai. Perjalanan melalui Tanjung Tiram hanya menempuh waktu selama kurang lebih dua jam saja. Gak seperti perjalanan ke pulau Berhala yang memakan waktu kurang lebih empat jam. Dari segi keindahan, gak diragukan lagi. Kelelahan kami karena tersengat teriknya mentari maupun mabuk laut karena goyangan ajib-ajib perahu pun sirna ketika melihat hamparan pasir putih dan susunan batu yang keren abis. Belum lagi pantainya yang jernih bagai zamrud yang berkilau.
landscape pulau pandang
Pulau Pandang, zamrud yang belum diasah
Surganya Pemancing
Bukan rahasia lagi kalo pulau Pandang merupakan surganya pemancing. Beragam jenis ikan dari sodaranya ikan gembung ampe ikan gelek pun ada. Kalo ikan GT mah udah biasa… :D
Sayangnya kami ga hobi mancing, tapi hobi makan ikan hasil mancing. Kebetulan awak kapal beruntung mendapatkan ikan hasil mancing. Kelanjutannya bisa ditebak, ikan tersebut bertransformasi menjadi sumber tenaga kami… hehe…
Modelnya Fotografer
Fotografer bakal puas ngambil foto di pulau ini. Ngedapetin sunrise ama sunset ga sulit di pulau ini. Jaraknya ga jauh…! Belum lagi pasir putih yang menggoda untuk diabadikan sebanyak-banyaknya. Tumpukan batu di pinggir pantai bakal mbuat pecinta slow speed ngiler abisss! Bagi para fotografer yang hendak berkunjung, siapkan lensa wide anda, isi baterai ampe full, kalo perlu bawa cadangan atau pake battery grip sekalian. Jangan lupa bawa tripod dan berbagai filter anda. Jangan sampe kamera anda nganggur karena baterai minta ampun padahal waktu anda di pulau masih lama. Cek juga tripod anda (mana tau uda mau patah) supaya kualitas gambar ga terganggu ketika ngambil foto landscape.
sunrise di pulau pandang
Sunrise di pulau Pandang
Duka di Pulau Pandang
Tidak lengkap rasanya bila masakan hanya dibumbui dengan rasa manis. Tentu diperlukan pula rasa asin agar gurihnya maknyuss… Ya, karena ga da dermaga, perahu kami terpaksa berlabuh agak jauh dari pantai, di tempat yang agak dalam dengan hiasan karang nan tajam dan banyak berkeliaran para babi berbulu eh, bulu babi maksudnya. Beberapa kaki uda jadi korban gesekan karang dan gatalnya om bulu babi.
menuju daratan
Naek boks ikan ke pulau Pandang :D
Sulitnya air bersih juga jadi masalah utama disini. Disarankan membawa persediaan air bersih yang cukup untuk air minum kalo ga mau tenggorokan kering karena ga ada air. Makanan juga ga kalah pentingnya dengan minuman. Persiapkan makanan yang ga gampang basi/busuk.
Tidur Diiringi Lantunan Deru Ombak
Bagi yang menyukai petualangan, anda bisa menggunakan tenda atau sleeping bed. Kalo ga suka di alam bebas, bisa nginep di mess, tapi fasilitasnya kurang memadai. Jangan lupa siapkan lotion anti nyamuk supaya tahan serangan nyamuk yang uda lama ga ngisep darah manusia… (kayak vampir aja :D)
batu di atas awan
Negeri di atas awan
Pulau Berhala vs Pulau Pandang
Dari segi ukuran, pulau berhala kira-kira tiga kali lebih besar dibandingkan pulau Pandang. Tetapi dari segi kecantikan, menurutku lebih asoy lagi si pulau Pandang. Kekurangan pulau Pandang adalah karena tidak dirawat. Pulau Pandang dan Berhala sama-sama menjadi tujuan akhir sampah-sampah yang terbawa oleh ombak. Bedanya, pulau Berhala dihuni oleh Marinir yang juga turut membersihkan sampah-sampah tersebut. Sedangkan pulau Pandang hanya dihuni oleh penjaga mercusuar, sehingga kekurangan tenaga untuk membersihkannya (di beberapa bagian menjadi tepat persinggahan sampah). Sumber penerangan di pulau Berhala berasal dari panel tenaga matahari, sedangkan di pulau Pandang berasal dari generator. Persediaan sumber air lebih terjamin di pulau Berhala. Kamar mandi pun jelas bentuknya. Kalau di pulau Pandang hanya mengandalkan satu buah sumur tanpa pintu, hanya sekat di setengah bagiannya. Air minum bisa diambil dari tempat persediaan penjaga mercusuar.
di akhir shalat
Nelayan yang telah menunaikan ibadah shalat
Akhir kata, tiada yang senyaman rumah sendiri. Walopun pulau Pandang indah dipandang, tetep aja air coklat di Tanjung Tiram membuat kami tersenyum lega. Finally back to home… :)
Nah gimana teman-teman ! Tertarik gak untuk pergi ke sana! 
Mari kita nikmati pesona alam negeri kita nan indah ini!

No comments: