Thursday, November 22, 2007

Sungai Serayu Dikembangkan Jadi Obyek Wisata


Banyumas, Rabu--Kawasan Sungai Serayu yang melintasi Kabupaten Banyumas segera dikembangkan menjadi kawasan objek wisata baru dengan nama "Serayu River Voyage (SRV)".

"Kawasan yang akan dikembangkan sebagai objek wisata baru itu berada di sekitar Bendung Gerak Serayu-Gambarsari," kata pemimpin kegiatan SRV Deskart Sotyo Djatmiko di Purwokerto, Rabu.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat segera menyusun rencana bisnis (renbis) pengembangan proyek tersebut.

Ia mengatakan, penyusunan renbis tersebut berdasarkan surat rekomendasi Dirjen Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) Departemen Pekerjaan Umum (DPU) nomor HK.04.04-DA/687 pada tanggal 13 November 2007 tentang pemanfaatan sekitar Sungai Serayu dan Bendung Gerak Serayu-Gambarsari serta sekitarnya untuk pariwisata.

"Renbis tersebut akan memuat perkiraan jumlah pengunjung, besaran pendapatan, modal yang akan dikucurkan, serta prediksi waktu pengembalian modal," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Banyumas juga sedang mempersiapkan materi kerja sama dengan Pemerintah Pusat yang berisi hak dan tanggung jawab pengelolaan sungai Serayu untuk pariwisata serta konservasi wilayah sekitarnya termasuk bagi hasil dengan pusat.

Untuk mengembangkan SRV, kata dia, Disparbud Banyumas telah mengajukan anggaran sebesar Rp3,176 miliar untuk membuat sebuah dermaga serta rencana tata ruang dan wilayah.

Menurut dia, saat ini tiga investor sudah berminat mengembangkan SRV, dua asal Jakarta dan satu berkebangsaan Kanada.

"Bahkan, masyarakat sekitar telah membentuk Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS) dengan anggota 80 orang untuk mendukung pelaksanaan konservasi serta tata ruang dan wilayah sekitarnya," katanya.



Sumber: Antara
Penulis: jodhi

No comments: